PEKAT-IB Menyelenggarakan Polling Pemilu Caleg DPR RI 2024-2029 Dapil Lampung

 235 total views

Organisasi Masyarakat Dewan Pimpinan Wilayah Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu Provinsi Lampung (DPW PEKAT-IB Lampung), mengadakan polling pemilu terhadap daftar calon tetap legislatif DPR RI periode 2024-2029 untuk daerah pemilihan Lampung 1 dan Lampung 2 serta merilis hasil nya, Kamis 30 November 2023.

Read More

Wakil Ketua Bidang Sosial dan Politik DPW PEKAT-IB Lampung Atin Langga S.H. M.H., mengatakan bahwa maksud dan tujuan diadakan nya poling pemilu tersebut adalah sebagai salah satu bentuk peran Lembaga PEKAT-IB dalam membentuk kesadaran Politik Masyarakat.

“Kami siap turut serta berpartisipasi jika untuk Masyarakat dan ingin membantu stakeholder terkait. Yang mana polling dilakukan sebagai sarana sosialisasi pemilu dan mengenalkan para tokoh CALEG DPR RI 2024-2029 kepada Masyarakat Lampung dan keluarga besar PEKAT-IB di Provinsi Lampung khususnya. Agar dapat meningkatkan angka partisipasi pemilih sehingga dapat meminimalisir Masyarakat yang tidak menggunakan hak pilih nya (golput) pada saat pesta demokrasi dilaksanakan (pemilu)”, ujar nya.

Dalam polling pemilu yang dilakukan oleh Lembaga PEKAT-IB Lampung sejak tanggal 22-30 November 2023, melalui website pollingpemilu.com, di ikuti partisipasi sebanyak 4.899 responden, dilaksanakan dengan metode survei online berbentuk quisioner diantara nya pertanyaan dengan 50 opsi jawaban yang dishare melalui media sosial whastaap kepada Masyarakat, Anggota/Kader/Pengurus PEKAT-IB se-Provinsi Lampung.

Terdapat 50 nama opsi jawaban, mereka terdiri dari Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Aktifis, Akademisi, Praktisi Hukum, Politisi, Artis, bahkan Petahana Anggota DPR RI Periode 2019-2024. Dalam survei/jajak pendapat tersebut, pertanyaan nya berikut ini adalah beberapa nama Publik Figur sebagai calon legislatif DPR RI DAPIL Lampung 1 dan 2. Siapakah yang akan Anda pilih guna dapat dipercaya mengemban amanah untuk menyalurkan aspirasi Msyarakat Lampung pada pemilu 2024 mendatang?.

Memasuki massa kampanye ini, setelah kurang lebih delapan (8) hari voting berlangsung, Lembaga PEKAT-IB Lampung merilis hasil nya berupa tujuh (7) nama CALEG DPR RI Dapil Lampung terpopuler dengan raihan suara terbanyak, tandas Bung Atin sapaan akrab nya dalam pemaparan polling pemilu yang diselenggarakan tersebut.

“Menduduki urutan pertama suara terbanyak di pimpin oleh CALEG DPR RI 2024-2029 DAPIL Lampung 1 dari Partai Demokrat, beliau merupakan Tokoh Adat Lampung dan Mantan Kapolda Lampung Irjen Pol. Purn. Dr. H. Ike. Edwin, S.I.K., S.H., M.H., M.M., Jendral bintang 2 yang juga pernah menjabat Kasespimma Sespim Lemdiklat Polri meraup 21,7% perolehan atau meraih 1.062 suara dari 4.899 partisipasi pemilih”.

“Disusul urutan kedua suara terbanyak terdapat nama seorang Politikus yang merupakan Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari, S.H. S.Hum, L.L.M. Beliau adalah Petahana Anggota DPR RI komisi 3 periode 2019-2024 dan kembali maju Caleg DPR RI 2024-2029 Dapil Lampung 1 Partai Nasdem. Taufik Basari yang juga merupakan Advokat dan Aktifis Hak Asasi Manusia meraih posisi kedua dalam polling pemilu dengan total 13,5% atau 662 suara pemilih”.

“Ketat menyusul di posisi ke tiga suara terbanyak terdapat nama Brigjen. TNI Purn. AMALSYAH TARMIZI, S.I.P. Beliau adalah mantan Komandan Korem 043/Garuda Hitam Provinsi Lampung (2011-2013), Jendral bintang 1 tersebut adalah Caleg DPR RI Dapil Lampung 2 dari Partai Nasdem dan meraih 13,1% suara atau 643 partisipasi pemilih”.

“Urutan ke 4 suara terbanyak terdapat nama Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Provinsi Lampung H. APROZI ALAM, S.E. Beliau adalah CALEG DPR RI 2024-2029 Dapil Lampung 2 Partai Golkar dan meraih 11,4% atau 558 suara partisipasi pemilih”.

“Urutan ke 5 terdapat nama Dr. Ir. H. A. JUNAIDI AULY, M.M. Seorang Petahana Anggota DPR RI 2019-2024, menjabat sebagai Kapoksi XI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera dan kembali maju Caleg DPR RI 2024-2029 Dapil Lampung 2 melalui Partai PKS, ia meraih 8,3% atau 409 suara pemilih”.

“Urutan ke 6 terdapat nama Ir. JOHAN SULAIMAN, M.M. Beliau merupakan mantan Anggota DPRD Provinsi Lampung dari Partai PKS dan kembali maju Caleg DPR RI Dapil Lampung 1 melalui Partai PKS. Ia meraih 5,1% atau 251 suara pemilih”.

“Urutan ke 7 terdapat nama seorang vokalis dari grup musik Kangen Band sejak tahun 2005 Mahesa Andika Setiawan, beliau terjun ke dunia politik menjadi Caleg DPR RI Dapil Lampung 1 dan meraih suara sebanyak 4,9% atau 238 pemilih”.

“Pemilu merupakan lambang, tolak ukur, dan indikator utama dari Negara Demokrasi. Karena dalam Pemilu rakyat menggunakan suara nya, melaksanakan hak politiknya, dan menentukan pilihan nya secara langsung dan bebas. Jadi keterlibatan rakyat dalam setiap penyelenggaraan yang dilakukan Negara adalah sebuah keniscayaan (keharusan yang tidak bisa tidak)”, pungkas nya.
(Didi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *