Suardi Saleh Hadiri Halal Bihalal Dan Temu Kangen Keluarga Besar SMAN 1 Barru

 42 total views

Sulsel
Barruglobalinvestigasinews.com.

Read More

Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh, M.Si., hadiri Halal bihalal dan Temu Kangen Keluarga Besar IKA SMA Negeri 1 Barru di Aula SMA Negeri 1 Barru, (14/4/24).

Dalam sambutannya Bupati Barru menyampaikan, sudah menjadi tradisi bagi masyarakat indonesia setelah selesai Puasa dan Lebaran kita lanjutkan dengan Halal Bihalal.

Suardi Saleh mengutip kata Prof.Quraish Shihab, halal bi halal diambil dari kata “halala” yang mempunyai arti menyelesaikan kesulitan, melepaskan ikatan yang membelenggu, meluruskan benang yang kusut atau mencairkan yang beku.

“Artinya halal bihalal bisa disebut sebagai bentuk kegiatan yang mengantarkan para pelakunya untuk menghangatkan hubungan sehingga terjadi keharmonisan,” Jelasnya.

Keberadaan IKA menurut Bupati Barru harus memiliki 3 Peran internal, semi internal kepada almamater, eksternal ke masyarakat.

Dirinya mengurai peran Internal adalah bagaimana menciptakan keharmonisan antar anggota seperti kegiatan halal bihala ini.

Suardi Saleh menjelaskan, kelemahan Alumni adalah kita terkadang hanya bangga dengan jumlah alumni yang banyak, tapi kita tidak mengetahui cara menghubungi, sehingga perlu bagi Pengurus IKA melakukan pendataan alumni.

Peran selanjutnya sebut Bupati adalah semi internal almamater, sehingga para alumni dapat mengetahui apa yang menjadi kebutuhan sekolah.

“Dan peran terakhir yaitu Secara Eksternal, bagaiman para alumni memiliki Peran bagi masyarakat, memberikan masukan, ide dan gagasan untuk kemajuan kabupaten Barru,” ungkapnya.

Diakhir Sambutan Bupati Barru menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Barru melalui APBD 2025 akan memprogramkan penggantian atap aula SMAN 1 Barru.

Sebelumnya Ketua Panitia Umar Sinampe, SKM., menyebutkan bahwa kegiatan halal bihalal ini merupakan agenda tahunan IKA SMAN 1 Barru.

Lebih lanjut, untuk tahun ini yang bertindak sebagai Panitia Pelaksana adalah Alumni Angkatan 1988.

Dirinya melaporkan, kelebihan dana pelaksanaan kegiatan akan disumbangkan untuk Mushallah SMAN 1 Barru.

Terpantau hadir Anggota DPRD Kabupaten Barru Drs.H.Arifai M, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Prov.Sulsel, Kabag Pengkajian dan pengembangan Kodam XIV Hasanuddin, Asisten 2 Setda, Pimpinan OPD, Ketua IKA SMAN 1 Barru, Sekjen IKA SMAN 1 Barru, Kepala SMAN 1 Barru beserta Guru dan Staf, Purnabakti SMAN 1 Barru, Para perwakilan Alumni, dan Pengurus Osis.
( Jum/ Humas IKP).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *