Satlantas Polres Pacitan dan Dishub Tertibkan Kendaraan Angkutan yang Over Dimension and Overload

  • Whatsapp

 727 total views,  1 views today

Pacitan – Jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Pacitan, bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pacitan menggelar operasi gabungan, Operasi yang dilakukan untuk pengawasan lalu lintas angkutan muatan barang khususnya muatan yang berlebihan, hal ini dilakukan untuk menekan jumlah kendaraan angkutan barang ODOL (Over Dimension and Overload) yang beroperasi di jalan raya dan menertibkan kelayakan kendaraan bermotor.

Read More

Kanit Turjawali Satlantas Polres Pacitan Ipda Haming Agus Purnama mengatakan, Oprasi ini dilakukan untuk menekan tingginya angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Pacitan yang di karenakan Over Dimension and Overload sehingga mengakibatkan rem blong juga berlebihan muatan.

“Karena banyak kejadian kecelakaan di wilayah Kabupaten Pacitan yang disebabkan oleh truk-truk atau kendaraan angkutan barang yang tidak layak jalan, Jadi kami bersama Dinas Perhubungan melakukan antisipasi supaya dapat menekan angka kecelakaan lalulintas,” jelas Haming saat ditemui di sela-sela kegiatan Oprasi gabungan di Kecamatan Donorojo Pacitan, Kamis (23/01/2020).

Untuk kegiatan Operasi difokuskan dengan sasaran kendaraan truk yang melebihi muatan serta kelengkapan surat menyurat kendaraan tersebut, Selain itu juga menertibkan pengendara roda dua dan empat yang tidak di lengkapi surat kendaraannya.

“Satlantas Polres Pacitan akan terus melakukan Operasi terhadap truk yang muatannya melebihi tonase (Overload).bersama denga Dishub, dan untuk menekan angka kecelakaan juga akan melakukan oprasi terhadap pengendara roda dua yang di bawah umur dan belum memiliki SIM,”tambahnya.

“Kami juga akan mengarahkan dan membantu masyarakat yang kedapatan mengendarai roda dua namun tidak memiliki SIM, serta menindak anak-anak di bawah umur yang mengunakan kendaraan bermotor, itu semua di lakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas,”imbuhnya.

Sementara itu Kasie Rekayasa Lalu Lintas, Angkutan Orang dan Barang Dishub Pacitan, Agus Winarno mengatakan, Dinas Perhubungan dan Kepolisian berkomitmen untuk menekan jumlah kendaraan angkutan barang dan manusia yang Over Dimension and Overload saat beroperasi di jalan raya dengan cara melakukan penertiban secara intensif.

“Untuk kegiatan hari ini kami melakukan pemeriksaan terhadap beberapa kendaraan truk, dan saat ini kami menemukan ada beberapa kendaraan yang persyaratan teknisnya tidak layak, seperti masa uji kir mati, dan kendaraan yang memiliki ukuran bak melebihi dari ketentuan KIR,” jelas Agus.

Perlu diketahui, bahwa akibat truk yang melebihi tonase muatan, yang melewati kelas jalan kabupaten serta provinsi berdampak pada kerusakan jalan. Sehingga masyarakat pengguna jalan mengeluhkan, banyaknya jalan berlubang di kabupaten Pacitan.

“Selain razia ini, pihaknya mencatat ada lebih dari 10 kendaraan truk yang melanggar dalam satu harinya, baik uji kelayakan maupun melanggar over dimensi (ukuran bak Truk) serta over muatan,”pungkasnya.

Dalam oprasi gabungan tersebut Satlantas Polres Pacitan berhasil menjaring pelanggar STNK Roda dua sebanyak 24, Roda empat 3,Roda enam 2, Sedangkan Pelangaran SIM ada 3 serta barang bukti kendaraan roda dua 1 unit, sementara untuk.Dishub berhasil menjaring pelangar sebanyak 8,(tyo)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *