MELALUI FORUM WARGA, PANWASCAM AJAK MASYARAKAT KAWAL PILKADA BATENG

 342 total views

MELALUI FORUM WARGA, PANWASCAM AJAK MASYARAKAT KAWAL PILKADA BATENG

Read More

KOBA – Global investigasi news com. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) bersama Panwaslu Kecamatan kembali menyambangi warga di Kabupaten Bateng melalui kegiatan Forum Warga. Kali ini kegiatan tersebut digelar di tiga titik berbeda, yaitu Desa Katie Kecamatan Simpangkatis, Dusun Pangkalraya Kecamatan Sungaiselan, dan Desa Nibung Kecamatan Koba. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Bangka Tengah untuk berperan aktif dalam mengawasi tahapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020, terutama pada masa kampanye yang sedang berlangsung saat ini.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng, Robianto mengatakan bahwa kegiatan Forum Warga ini merupakan kegiatan sosialisasi untuk mengajak masyarakat di Kabupaten Bateng agar berperan dalam mengawasi setiap tahapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020. “Bawaslu Kabupaten Bateng bersama Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bateng mengelar kegiatan ini untuk mensosialisasikan kepada masyarakat di Kabupaten Bateng agar tidak melakukan pelanggaran dan mengajak untuk turut mengawasi jalannya pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Bateng, terutama pada masa kampanye yang sedang berlangsung saat ini,” ujarnya.

Diungkapkannya, kegiatan Forum Warga ini dilaksanakan di 6 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bateng yang mana setiap Kecamatan akan mengelar kegiatan 3 kali di 3 Desa yang berbeda di masing-masing Kecamatan. “Hari ini Jum’at) kami lakukan di dua titik, yaitu di Dusun Pangkalraya Kelurahan Sungaiselan Kecamatan Sungaiselan dan di Desa Nibung Kecamatan Koba, yang mana sebelumnya pada hari Kamis tanggal 22 Oktober 2020 kemarin kami juga dilaksanakan di Desa Katis Kecamatan Simpangkatis,” ungkapnya.

“Dalam pelaksanaan Forum Warga ini, kami tentunya memberikan himbauan kepada masyarakat yang hadir untuk bersama-sama memerangi money politic, menghimbau masyarakat yang tidak tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) jika sudah memenuhi syarat sebagai Pemilih dapat menggunakan hak pilihnya nanti dengan membawa E-KTP di TPS yang sesuai dengan identitas dirinya serta mengajak masyarakat untuk melaporkan kepada Bawaslu atau jajaran kami jika menemukan adanya dugaan pelanggaran,” tambahnya.

Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Andi Budi Yulianto menyampaikan bahwa pihaknya mendukung penuh kegiatan Forum Warga ini mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui apa-apa saja yang tidak boleh mereka lakukan dan bagaimana prosedur jika masyarakat ingin melaporkan suatu dugaan pelanggaran mengingat pentingnya peran masyarakat menjadi perpanjangan tangan dalam mengawasi setiap tahapan pelaksanaan Pilkada tahun 2020 khususnya di Bangka Tengah. “Kami sangat berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini masyarakat yang hadir dapat menyampaikan kepada tetangga atau sanak saudara mereka untuk tidak melakukan dugaan pelanggaran dan melaporkan dugaan pelanggaran yang mungkin saja mereka temui nantinya kepada Bawaslu,” harapnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Muhamad Utoyo menambahkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini pihaknya selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Hal ini juga dengan maksud untuk memberikan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya menerapkan hal tersebut di setiap tahapan Pilkada yang diikuti. “Dalam sosialisasi ini juga disampaikan kepada masyarakat agar jangan mudah terpancing dengan berita-berita hoax. Apalagi saat ini sudah memasuki tahapan kampanye dan kami juga menghimbau agar tidak merusak Alat Peraga kampanye (APK), karena hal ini memiliki sanksi pidananya,” pungkasnya. /Zli

(Humas Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *