PENGURANGAN DANA DESA SUMBER APBN PEMDES SUKA DAMAI LAKUKAN MUSYAWARAH KHUSUS

 236 total views

Singkil, GlobalinvestigasiNews
Pemerintah Kampung Suka Damai laksanakan Musyawarah khusus penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Musyawarah dilaksanakan di Kantor Kampung Suka Damai Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (26/01)

Read More

Turut hadir pada musyawarah itu Ketua Badan Permusyawaran Kampung (BPK) Uyung Paris Kasi PMD Kecamatan Singkil Mufli SE, Babinsa Serda Sergio Laode, Pendamping Kecamatan Syahrika Wahyuni ST, Maulidiansyah, Pendamping Lokal Desa Mulyadi dan Undangan Lainya terlihat antusias warga sangat tinggi pada acara musyawarah tersebut.
Pada pembukaan acara itu,Kepala Kampung Suka Damai Arifin, Menyampaikan bahwa Dana Desa yang bersumber dari APBN Tahun 2022 berjumlah Rp. Untuk BLT 40% Jumlah 319. 835. 200. untuk penangan dan penanggulangan Covid-19 2% Jumlah 63. 967. 640. untuk penanggulangan pangan dan hewani 20% Jumlah 159. 917. 600. Untuk honorarium yang bersumber dari APBN sebesar 152. 700. 000, Ucap Arifin.
Menurut hitungan sementara Dana Desa yang bisa digunakan untuk pembangunan hanya lebih kurang Rp 75 jutaan itu pun masih perlu kajian yang detail lagi, tutur Kades.
“Syahrika wahyuni selalu Pendamping Kecamatan, dalam pemaparannya menyampaikan agar pihak Desa memperhatikan peraturan yang sudah ada, salah satunya Peraturan Menteri Keruangan Republik Indonesia PMK 190 tahun 2021 tentang prioritas penggunaan Dana Desa, tutur pendamping Desa itu.
Dikatakannya, bahwa data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT-Desa haruslah valid, jangan data berubah berubah.”ucap Rika.

Berapa data yang sudah dimasukan dari bulan Januari itulah KPM sampai pada bulan Desember, jika dalam perjalanan pelaksanaan BLT ada salah satu KPM yang sudah tidak lagi menerima (meninggal) boleh diberikan kepada KPM lain, namun masih dalam standar kreteria yang ada, tutup Rika.

(Htb)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *