Pemerintah Desa Mekarjaya Cimarga Gelar Musrenbangdes RKPD 2024

 164 total views

Lebak-Banten, Globalinvestigasinews.com –Pemerintah Desa Mekarjaya Kecamatan Cimarga melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbangdes) RKPD Tahun Anggaran 2024. Acara tersebut digelar dihalaman Kantor Desa Mekarjaya, dengan dihadiri Oleh Kepala Desa, Staf Desa, Babinsa, Tokoh Masyarakat, unsur Dinas Pendidikan, Ketua DPD, LPM, dan undangan lainnya (25/23).

Read More

Kepala Desa Mekarjaya (Udi), dalam Sambutannya mengatakan,
“Bahwa, Musrenbang adalah proses awal dari rentetan semua usulan yang diajukan oleh masyarakat, baik melalui Lembaga masing-masing maupun masyarakat, Musrenbang merupakan tahapan awal dalam perencanaan pembangunan

“Perlu kita ketahui, dalam pembangunan Desa, misalnya pembangunan poros Desa, hanya dapat dilaksanakan dalam skala kecil, karena anggarannya sangat terbatas, namun dengan adanya musyawarah seperti ini ada bantuan hasil swadaya masyarakat,” Ungkap Udi.

“Desa Mekarjaya dapat melaksanakan pembangunan dalam skala besar, untuk musyawarah merupakan kegiatan yang sangat penting yang harus dilaksanakan untuk mencari solusi, dan kesepakatan bersama, antara Pemerintah Desa dengan Lembaga masyarakat.” Jelas Udi.

Nia Staf Ekbang Kecamatan Cimarga yang saat itu hadir mewakili Camat, dalam sambutannya juga memaparkan,
“Setiap perencanaan pembangunan harus berdasarkan musyawarah, seperti musrenbang dengan musdes,” Katanya.

“Perbedaan musrenbang dengan Musdes yaitu, Kalau Musyawarah Desa itu merupakan Pembangunan yang sifatnya berskala kecil, sedangkan Musrenbang merupakan semua usulan masyarakat dikerjakan oleh Pemerintah Daerah, dan usulannya juga skala besar. contohnya pembangunan sekolah tidak bisa di danai oleh Dana Desa, namun usulan dapat melalui Proposal pengajuan yang diajukan ke Desa, dan nantinya akan diinput oleh operator Desa,” Papar Nia.

Sementara itu, Yusren Martona Ketua DPD Mekarjaya menjelaskan, Tata cara yang akan dilaksanakan nantinya,
“Dari usulan masyarakat, apa saja yang dibutuhkan, silahkan nanti berembuk bagi masing-masing lembaga. Seperti halnya BLT dan BPNT,” Tandas Singkatnya.

(Alfian)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *