KPUD Kab. Tanjab Timur Gelar Sosialisasi Tatap Muka dan Press Gathering Dengan Awak Media

 111 total views

Jambi-Globalinvestigasinews.com 2023/12/05
Peran Media Dalam Mengontrol Pemilu di tahun 2024, Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan salah satu pilar demokrasi yang penting dalam suatu negara. Media massa memegang peran krusial dalam menyampaikan informasi dan memfasilitasi dialog politik.

Read More

Pasalnya, Pemilu 2024 yang akan datang, menempatkan media sebagai penjaga demokrasi, memberikan tanggung jawab besar dalam memberikan informasi yang akurat dan membantu masyarakat membuat keputusan yang bijak.

Baru kali pertama inilah KPU  Kabupaten Tanjab Timur melaksanakan kegiatan Sosialisasi Tatap Muka dan Press Gathering, membahas terkait pentingnya Peran Media dalam Menyukseskan Pemilihan Umum Tahun 2024, pada hari selasa 05 Desember 2023 bertempat di Aula Hotel Ratu Talang Babat.
Kegiatan itu diikuti puluhan  wartawan dari media cetak, online dan elektronik,

Selain pentingnya melaksanakan Media Gathering, juga membahas peran media dalam tahapan pemilu tahun 2024, juga mengatakan bahwa KPU sebagai penyelenggara, teleh melaksanakan beberapa tahapan.

Kegiatan dibuka oleh Komisioner KPU Nurwansyah mewakili Ketua KPU Tanjab Timur, mengucapkan terimakasih kepada rekan rekan Media yang hadir, dalam kesempatan tersebut ia
menjelaskan peran media sangat penting dalam menyampaikan informasi, berita kepemiluan khususnya yang terjadi di kabupaten Tanjab Timur.

Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM Irawan Sunarta mengatakan, pada kegiatan tersebut dilakukan sharing informasi tentang pedoman dan kaidah pemberitaan dan penyiaran di media massa pada masa kampanye Pemilu 2024.

Pada kesempatan tersebut sekaligus memberikan materi tentang pedoman dalam pemberitaan dan penyiaran di masa kampanye Pemilu 2024.

Terkait persiapan kampanye, ia sampaikan, berdasarkan PKPU nomor 15 tahun 2023, KPU akan melaksanakan koordinasi dengan stakeholder di setiap tingkatan untuk menentukan titik lokasi penempatan Alat Peraga Kampanye (APK).

Pihaknya berharap, kampanye dapat berjalan damai, aman sesuai harapan bersama dan tingkat partisipasi pemilih pada pemilu 2024 meningkat.

Ketua Aliansi Wartawan Siber Indonesia (Awasi) Erfan berharap, peran media dalam pemberitaan dan penyiaran tahapan Pemilu 2024 bisa memberikan dampak positif kepada awak media. Peran media dinilai sangat penting karena berfungsi sebagai penyampai informasi, edukasi dan juga penangkal hoaks kepada publik.

“Karena kita berbicara pemilu, maka bagaimana peran media itu dalam menyukseskan semua tahapan Pemilu 2024. Media tidak hanya dalam menyebarkan informasi, edukasi tapi juga menangkal hoaks,”jelasnya, (T111k).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *