Polda Banten ikuti Zoom Metting Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Terkait Kesiapan Pengamanan Arus Balik

 58 total views

Cilegon – Global Investigasi News.com -Polda Banten ikuti Zoom Metting dalam rangka rapat koordinasi Lintas Sektoral dengan melibatkan Dinas, Instansi dan Satker Bidang Operasional terkait kesiapan pengamanan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024 M pimpinan Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika yang dilaksanakan di ruang rapat Sosoro Mall Terminal Eksekutif Pelabuhan Merak pada Jumat (12/04).

Read More

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim didampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif, PJU Polda Banten, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Banten Benny Nurdin Yusuf, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten Brigjen Pol. Hermanta, GM ASDP Cabang Merak Suharto.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim mengatakan bahwa Polda Banten siap melaksanakan pengamanan arus balik yang datang dari wilayah Lampung.” Untuk mengantisipasi kepadatan yang terjadi di Pelabuhan Bakauheni Lampung saat arus balik nanti Polda Banten siap melaksanakan pengamanan serta berkoordinasi dengan Polda Lampung terkait kebijakan yang akan diambil,” kata Abdul Karim.

Abdul Karim juga dikesempatan tersebut meminta kebijakan agar untuk bongkaran kendaraan bermotor di lakukan di satu titik. “Saya meminta agar kendaraan bermotor dari Pelabuhan Bakauheni maupun Panjang agar di lakukan pembogkaran dalam satu titik yaitu di pelabuhan Ciwandan,” ucap Kapolda.

Mulai hari ini sampai 1 minggu kedepan terdapat peningkatan arus lalu lintas. “Akan terdapat peningkatan arus lalu lintas salah satunya rute yang akan dilewati oleh wisatawan menuju anyer kebetulan melintas diwilayah Jalan Lingkar Selatan (JLS) yang merupakan rute yang akan dilalui pada arus balik nanti tentunya akan terjadi krosing namun semua telah di antisipasi dan ada beberapa altetnatif skema yang akan dilakukan untuk mengantispasi kepadatan,” lanjut Kapolda.

Sedangkan bagi pengendara sepeda motor yang dari arah pelabuhan Merak diarahkan melalui jalur Cikuasa bawah. Untuk pengendara sepeda motor yang keluar dari pelabuhan Merak nanti akan diarahkan melalui jalur Cikuasa Bawah. Menjelaskan bahwa Polda Banten akan melakukan pengawalan kepada pengendara sepeda motor. “Khusus untuk pengemudi sepeda motor akan dilakukan pengawalan dari Pelabuhan Merak dan diantar hinggap transit pertama yaitu di Polresta Serang Kota, kemudian dilanjutkan ke lokasi transit kedua yaitu di Balaraja Kabupaten Tangerang, dan dilanjutkan hingga perbatasan Jakarta dan bisa menggunakan jalurnya masing-masing. Pengaturan sepeda motor akan kita koordinir, kita kawal, dan kita atur,” lanjut Abdul Karim.

Diakhir kegiatan Zoom Metting dilaksanakan Tactical Floor Game (TFG). “Tujuan TFG ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai situasi, cara bertindak maupun untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas saat arus balik lebaran tahun 2024,” tutup Kapolda Banten
Him/Elyjaro

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *