Melihat Dari Dekat, Saat Polisi Trenggalek Berjibaku Amankan Lebaran

 49 total views

TRENGGALEK | Sejumlah petugas kepolsian nampak beristirahat di trotoar tepatnya di simpang empat Kedunglurah, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek. Wajah lelah yang terpancar seakan terbayarkan oleh senyum para pemudik yang melintas dengan aman dan lancar.

Read More

Ya, para petugas ini merupakan anggota Satlantas Polres Trenggalek yang hampir seharian berada di jalan, bekerja keras mengatur lalu lintas agar lancar dan tidak terjadi kemacetan panjang.

Sembari ngobrol ringan dengan teman sejawat, minum air mineral dan jajanan yang dibeli dari toko sekitar, para petugas ini rehat sejenak sekadar untuk meregangkan otot. Maklum saja, sejak pagi mereka lebih banyak berdiri untuk mengatur lalu lintas.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasatlantas AKP Mulyani, S.E., M.Si. mengungkapkan, padatnya arus balik lebaran membuat petugas harus bekerja ekstra agar arus lalu lintas tetap lancar dan terhindar dari kemacetan panjang.

“Waktu istirahat kita bagi bergiliran, jadi tetap ada petugas yang berada di jalan.” Tegasnya.

Pihaknya menambahkan, beberapa hari terakhir, petugas kepolisian memang benar-benar berjibaku dalam pengamanan hari raya Idul Fitri, bahkan jauh hari sebelumnya, anggota Polri telah bekerja keras dalam menjaga keamanan kondusif selama bulan suci Ramadan.

Terlebih saat pengamanan arus mudik dan balik lebaran. Para petugas ini bekerja siang dan malam, nyaris tanpa jeda sama sekali. Meski telah dibagi sedemikian rupa, setiap saat mereka harus siap dipanggil untuk melaksanakan tugas.

Pada sisi yang lain, bisa dibayangkan saat masyarakat bisa berkumpul dengan keluarga saat lebaran, anggota kepolisian justru berada di jalan untuk memastikan kelancaran lalu lintas dan memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat.

Lebih lanjut AKP Mulyani mengatakan, saat arus mudik dan balik lebaran, petugas diharuskan menempati pos yang telah ditentukan sejak pukul 07.00 Wib dilanjutkan pemantauan arus lalu lintas disepanjang jalan. Jika terjadi penumpukan arus, para petugas ini sigap melakukan pengaturan dan rekayasa lalu lintas.

Bukan itu saja, saat ada pemudik yang mengalami kesulitan terkait dengan kendaraan, baik itu mogok atau pecah ban dan lain-lain, petugas akan langsung turun tangan membantu.

“Sudah menjadi kewajiban kami memberikan pengadian dan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Insyaallah bernilai ibadah.” Imbuhnya.

Disinggung terkait kondisi terkini arus balik lebaran, perwira pertama yang juga menjabat sebagai Kasatgas Kamseltibcarlantas Operasi Ketupat Semeru 2024 ini menegaskan, sejauh ini memang terjadi peningkatan arus terutama pada jalan nasional dari Tulungagung-Trenggalek-Ponorogo. Namun demikian secara umum semua berjalan lancar dan tidak ada kemacetan.

“Selain arus balik, fokus pengamanan juga diarahkan pada jalur menuju lokasi wisata, khususnya JLS dan Watulimo. Anggota sudah kita siagakan di titik-titik rawan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan wisatawan.” Ucapnya.

Tak ketinggalan, pihaknya juga mewanti-wanti kepada para pengendara agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan saat berkendara. Jika lelah setalah perjalanan panjang, disilahkan mampir ke rest area yang cukup banyak tersedia di beberapa lokasi.

“Masih ada satu agenda lagi yang perlu mendapat perhatian yakni pengamanan lebaran ketupat yang jatuh pada tanggal 17 April 2024.” Pungkasnya. (Ard)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *