Gabungan Petani dan Nelayan Gelar Aksi UNRAS Di Lokasi Tambak Udang Desa Kiwu Dompu.

 77 total views

Globalinvestigasinews.com.Dompu.NTB.

Read More

Keresahan masyarakat dengan adanya aktivitas tambak yang di lakukan oleh PT Anugrah Berkah Berlimpah (ABB) di Desa kiwu Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu seakan tak pernah usai, terkait hal itu, masyarakat yang tergabung Aliansi Petani dan Nelayan Desa Kiwu yang kesekian kali melakukan aksi unjuk rasa di lokasi tambak udang dan di Kantor Desa Kiwu Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu.

Pengelola/penanggung jawab tambak tetap kekeh melakukan aktivitasnya pada hal pihak Dinas lingkungan Hidup dan Kehutanan Propinsi NTB sudah melayangkan Surat Teguran nomor.060/1247/PPL.DISLHK/2024 kepada penanggung usaha/kegiatan PT Anugrah Berkah Berlimpah tertanggal 24 Maret 2024, dimana pihak pengembang sampai saat ini belum ada persetujuan lingkungan sebagai salah satu syarat mendasar perijinan berusaha oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Propinsi NTB.

Untuk itu pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Propinsi NTB meminta kepada Penanggung jawab kegiatan PT Anugrah Berkah Berlimpah untuk menghentikan seluruh aktivitas pembangunan tambak udang sampai semua persyaratan dasar untuk perizinan berusaha di peroleh pihak Pengelolah tambak, papar Munawir ketika melakukan orasi di lokasi tambak dan di kantor Desa Luwu Kecamatan Kilo kemarin siang.

Masih teriak Penggiat Tani dan Nelayan, kami hadir di sini bukan untuk melakukan tindakan anarkis tapi hanya menyampaikan aspirasi agar pihak pengusaha atau Kapitalis dari luar Daerah agar dalam melakukan kegiatan tambak harus mengikuti aturan yang ada dan memberdayakan masyarakat lokal setempat serta menghargai tatanan dan tradisi masyarakat setempat.

Untuk itu kami ingatkan kepada pihak pengelola tambak PT Anugrah Berkah Berlimpah (ABB) supaya mengikuti mekanisme dan peraturan yang berlaku.

“Di Daerah lain boleh bertindak semaumu tapi di Desa Kiwu jangan menunjukan sikap arogansi dan keras kepala,”pinta Nawir dalam orasi singkatnya.

Sementara pihak pengembang tambak yang di dampingi oleh Kepala Desa Kiwu mengatakan, kami sangat menghargai masukan dan aspirasi yang di sampaikan karena hal itu demi kebaikan kita bersama, baik kami selaku pengembang maupun untuk seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa Kiwu, agar kelak tambak ini akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Desa Kiwu khususnya dan umumnya masyarakat Kecamatan Kilo.

Kemudian Kades Kiwu menyampaikan terima kasih kepada para aliansi tani dan nelayan yang telah menyampaikan aspirasi dan input yang positif bagi pihak pengelolah tambak maupun kami selaku Pemerintahan Desa Kiwu agar dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan kita semua dan insyaallah semua masukan ini akan saya Akomondir serta tindak lanjutnya akan di musyawarahkan dengan baik antara pihak aliansi tani dengan perwakilan penanggung jawab kegiatan PT Anugrah Berkah Berlimpah (ABB) bertempat di aula Kantor Desa Kiwu Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu, pungkasnya. Jurnalis, Rdw/ddo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *