Melalui Pemberdayaan, Pemdes Fajar Baru Mesuji Adakan Pelatihan-Pelatihan

 364 total views

Melalui Pemberdayaan, Pemdes Fajar Baru Mesuji Adakan Pelatihan-Pelatihan

Read More

Mesuji – Dalam rangka pelaksanaan Dana Desa Tahun 2020 Selain Melaksanakan Pembangunan Fisik Berupa Infrastruktur, Pemerintahan Desa Fajar Baru Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji juga memiliki program berupa Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Salah satu programnya adalah mengadakan pelatihan pelatihan diantaranya adalah Pelatihan Management Karang taruna, Olahraga, peningkatan kapasitas Aparatur Desa, pertanian serta pelatihan Kelompok Wanita Tani (KWT).

Pelatihan tersebut digelar di Balai desa Fajar Baru selama tiga hari dengan mendatangkan Beberapa Narasumber yang ahli di bidangnya.

Disela sela kegiatan nya, Saridan Spd selaku Kepala desa Fajar Baru mengatakan bahwa pelatihan-pelatihan tersebut dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa, tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk peningkatan kapasitas serta membuka wawasan Masyarakat serta kedepan masyarakat bisa berinovasi.

“Pelatihan dimulai sejak Senin kemarin, bergantian pagi sampai sore dengan mendatangkan beberapa narasumber sesuai dengan materi nya” kata Saridan kepada Media Global investigasi news.com, Kamis (1/10) .

Adapun Yang menjadi narasumber lanjut Saridan, diantara nya adalah kadis porapar kabupaten Mesuji Kabid dinas sosial, sekertaris KONI, TA serta PPL.

“Sedangkan untuk hari ini materinya pelatihan management kelompok tani wanita (KWT) narasumber yang mengisi materi dari PPL panca jaya pak Haryanto, kebetulan di desa Fajar Baru ini ada sekitar 4 kelompok KWT” terangnya

Selain itu untuk pembangunan fisik menggunakan Dana Desa (DD) di tahun 2020 Ia pun menyampaikan bahwa, Desa fajar Baru telah merealisasikan beberapa pembangunan diantarnya adalah, Pembangunan Jalan Rabat Beton di dua titik yaitu di RK 01 dengan panjang 115 m, di RK 04 dengan panjang 165 m.
Kemudian Gorong-gotong plat beton 3 titik di RK 01, 03, dan 05, Sumur Bor 3 titik yaitu di RK 05, RK 06, dan RK 07
“Dan untuk selanjutnya kita juga akan memulai membangun Drainase dengan panjang 140 m yang terletak di RK 02, Untuk material nya sudah siap tinggal pengerjaannya saja, kita targetkan bulan depan selesai” pungkasnya (Suryadi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *