Dukung “ASEAN Summit”, Kendaraan Listrik Polisi Tiba di Labuan Bajo

 167 total views

LABUAN BAJO NTT,Globalinvestigasinews.com-Sebanyak 115 unit kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) telah tiba di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. Kendaraan ini digunakan selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit ke-42 Tahun 2023 pada tanggal 09 sampai 11 Mei mendatang.

Read More

Sebanyak 35 mobil dan 80 sepeda motor dikirim melalui jalur laut menggunakan KM. Swarna Bahtera. Kapal pengangkut tiba di Pelabuhan Multipurpose Labuan Bajo, Minggu (16/04/2023) malam tadi.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. mengatakan, kendaraan tersebut ditempatkan di Mako Sat Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo.

“Kendaraan sementara disimpan di Mako Sat Brimob agar meningkatkan keamanan dan kesiagaan terhadap tiap unit KLBB yang akan diparkirkan di tiap lahan yang telah disiapkan, mengingat KLBB tersebut akan digunakan dalam mendukung kegiatan KTT ASEAN Summit sehingga harus dalam kondisi yang baik,” katanya dalam keterangan rilis, Senin (17/04/2023) pagi.

Kapolres Mabar menjelaskan, kendaraan listrik ini akan digunakan dalam proses pengawalan dan pengamanan berskala internasional.

“Kendaraan listrik dipilih karena bisa mengurangi emisi karbon,” ungkap AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M.

Menurutnya, penggunaan kendaraan listrik juga bisa jadi solusi dalam penggunaan energi selama KTT ASEAN Summit.

Perwira menengah dengan bunga dua dipundaknya itu juga mengatakan, kendaraan listrik ini akan difokuskan untuk melakukan pengawalan pimpinan negara dan para delegasi.

Untuk jumlahnya, kurang lebih ada 115 unit kendaraan yang terdiri dari 35 unit mobil tipe Hyundai Ioniq. Kendaraan yang diproduksi Korea Selatan tahun 2022 ini dipergunakan untuk mobil pengawalan.

Selanjutnya, 60 unit sepeda motor pengawalan tipe Zero DSR dan 20 sepeda motor Patroli tipe Niu Gova 3 dilengkapi helm, jaket, celana, sepatu dan sarung tangan merk Zero SRFM.

“Kendaraan tersebut digunakan untuk pengawalan delegasi yang mengikuti KTT ASEAN Summit ke-42 Tahun 2023,” lanjutnya.**#

(Mrth)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *