BPBD Provinsi Sumatera Utara Lakukan Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Tiga Kabupaten di Labuhanbatu

 571 total views

Sumut – Labuhanbatu, Globalinvestigasi.com:

Read More

Menghadapi cuaca panas dan kekeringan yang di hadapi beberapa kabupaten di sumatera utara, BPBD provinsi sumatera utara melakukan rapat kordinasi dengan kepala OPD tiga kabupaten di labuhanbatu Selasa (16/05/2023) di ruang data kantor bupati labuhanbatu jalan SM.RAJA kelurahan ujung bandar kec.Rantau selatan labuhanbatu.

Bupati labuhanbatu dr.H.Erik Atrada Ritonga M.KM dalam kata sambutan nya yang di bacakan Ibu Wakil Bupati Hj.Ellya Rosa Siregar S.PD mengucapkan selamat datang kepada bapak/ibu tim dari BPBD provinsi sumatera utara, kepala OPD terkait kabupaten labuhanbatu, labuhanbatu utara, labuhanbatu selatan, dan para undangan dari polres labuhanbatu serta relawan manggala agni.

Dalam pidatonya Bupati labuhanbatu dr.H.Erik Atrada Ritonga M.KM mengatakan bahwa penanggulangan bencana merupakan kewenangan yang harus di lakukan pemerintah daerah, yang harus sesuai dengan standart pelayanan minimum, dan dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Penanggulangan bencana di mulai dari kesiapsiagaan, pencegahan, mitigasi bencana, kedaruratan dan logistik,serta rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana. Artinya kegiatan tersebut di lakukan mulai tahap awal bencana dan pasca bencana. Intinya dalam menghadapi bencana ini kita harus “antisipasi” terlebih dahulu ujarnya.

Kita berharap kiranya pemerintah provinsi sumatera utara dapat membantu memfasilitasi kami dalam berbagai bentuk upaya pengembangan SDM, pengadaan alat karhutla, pembiayaan dan logistik.

Pemberi materi dari BPBD provsu kabid 2 darurat/logistik Yosi Sukmono, mengatakan bahwa BPBD di kabupaten khususnya wilayah pantai timur, yang saat ini di perkirakan BMKG akan menhadapi gelombang panas/kemarau yang panjang, tetap berkoordinasi dengan dinas terkait, seperti pemadam, manggala agni, TNI/POLRI dan masyarakat, sampai terciptanya sinergitas antara pemerintah dan masyarakat saat bersama sama menghadapi bencana, sehingga kerugian dan korban dapat diminimalisir.

Di tempat yang sama kalaksa BPBD labuhanbatu Drs.H.Darwin Yusma M.AP di konfirmasi awak media mengatakan, berterima kasih kepada Kaban BPBD provinsi sumatera utara bapakTuahta Ramajaya Saragih,AP,M.Si karena sudah di percayakan menjadi tuan rumah diadakan nya acara Rapat koordinasi penanggulangan bencana di kabupaten labuhanbatu. Semoga ini bisa menjadi bekal kesiapan kabupaten kita dalam menghadapi bencana kekeringan, karhutla dan distribusi logistik kebencanaan,tutup Darwin. (zulkarnain)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *