PJ. Bupati Aceh Tamiang Menemui Kepala Staf Kepresidenan

 125 total views

Jakarta – Global Investigasi News- Menindaklanjuti aspirasi masyarakat serta meneruskan rencana pembangunan bendung dan jaringan irigasi di Kabupaten Aceh Tamiang, Pj. Bupati, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH, menemui Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jenderal (Purn) Dr. Moeldoko di Gedung Bina Graha, Komplek Istana Kepresidenan RI di Jakarta, Rabu (07/06/2023).

Read More

Dalam audiensi tersebut, Pj. Bupati Meurah yang didampingi Kepala Dinas PUPR, Eddy Mofizal, meminta dukungan KSP, Moeldoko yang biasa disebut Pak Moel, untuk merealisasikan pembangunannya, sembari memaparkan rencana pembangunan bendung Sungai Tamiang dan jaringan irigasi yang ditargetkan mampu mengairi areal persawahan seluas 3000 hektar lebih di Bumi Muda Sedia.

“Saat ini, pengelolaan padi sawah kami sangat sederhana pak Kepala Staf. Bergantung sepenuhnya pada cuaca. Kekeringan bila musim kemarau dan kebanjiran saat musim penghujan. Kondisi ini menyebabkan tidak optimalnya pemanfaatan lahan sawah petani kami,” demikian papar Pj. Bupati Meurah di hadapan KSP, Moeldoko.

Disampaikannya, dengan luasan areal sawah yang mencapai 7000 hektar lebih, Indeks Pertanaman (IP) yang dimiliki Kabupaten Aceh Tamiang, rerata hanya sebesar 180.

“Ini artinya, tidak semua sawah di Aceh Tamiang bisa ditanami dua kali setahun. Padahal target normal pemanfaatan lahannya tiga kali setahun. Bahkan Kementan telah menggalakkan program IP 400 atau tanam empat kali setahun. Tapi karena kondisi eksisting yang ada, kami tidak bisa berkontribusi dalam program nasional untuk penguatan kemandirian pangan negara kita,” sambung Meurah meyakinkan.

Dikatakan Pj. Bupati Meurah, Detail Engineering Design (DED) pembangunan bendung telah disusun Kementerian PU sejak 2016 silam. Namun, urainya, pembangunan bendung tersebut tak juga menjadi proyek nasional. Padahal, tuturnya, petani padi sawah sangat membutuhkan kehadiran bendung dan jaringan irigasi tersebut.

Menanggapi permintaan tersebut, KSP Moeldoko menjawabnya dengan positif. Pak Moel yang turut didampingi Tenaga Ahli Utama KSP dan staf lainnya, menyebutkan pihaknya akan berkoordinasi dan menyampaikan kembali rencana pembangunan bendung dan jaringan irigasi agar dapat diwujudkan.

Dalam kesempatan tadi, Pak Moel menyarankan supaya Pj. Bupati Meurah menyurati kembali Kementerian PU perihal pembangunan bendung dan jaringan irigasi.

“Surati kembali dengan data yang lengkap, dan tembuskan ke kami supaya segera kita tindaklanjuti,” pungkasnya menjawab.(E).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *