Peringati Nuzulul Qur’an, MTs. Negeri 1 Pati Gelar Khataman Al-Qur’an

 28 total views

Pati – Jawa Tengah

Read More

Dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an yang jatuh pada tanggal 17 Ramadan, MTsN 1 Pati menggelar kegiatan Khataman Al-Qur’an, Kamis (28/3). Kegiatan diikuti seluruh warga madrasah di masjid Baitul Makmur dan indoor MTsN 1 Pati.

Setelah pelaksanaan khataman, KH. Muhammad Mujib memberikan tausiyah singkat. Beliau menjelaskan kisah turunnya Al-Qur’an atau yang dikenal dengan istilah Nuzulul Qur’an.

“Al-Qur’an diturunkan tepat pada tanggal 17 Ramadan sebagai wahyu Nabi Muhammad Saw., sekaligus menjadi awal dari kenabian Beliau (Nabi Muhammad), dan di tanggal itulah diperingati sebagai Nuzulul Qur’an,” ujar beliau.

Lebih lanjut KH. Mujib menjelaskan, Al-Qur’an diturunkan secara bertahap selama kurang lebih 23 tahun lamanya dan surat pertama yang diturunkan adalah Al-Alaq. Adapun tempat diturunkannya surat Al-Qur’an yaitu di Makkah dan Madinah.

“Yang diturunkan di Makkah ciri-ciri ayatnya kebanyakan berbunyi Ya Ayyuhannasu, sedangkan yang turun di Madinah berbunyi yaa ayyuhal ladziina aamanu,” terangnya.

Terdapat kelompok yang diuntungkan dengan turunnya Al-Qur’an yakni kelompok perempuan.

“Di tengah tradisi masyarakat arab jahiliyah, perempuan dipandang sebagai aib bahkan bayi perempuan tidak diperbolehkan hidup, namun dengan turunnya Al-Qur’an terjadi perubahan secara besar dalam memperlakukan perempuan yaitu menjadi lebih baik dan mulia dari sebelumnya,” paparnya.

Sementara itu, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, menuturkan kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an dengan khataman ini bertujuan untuk menambah kecintaan warga madrasah terhadap Al-Qur’an. Di samping itu, dengan amalan baik ini Syafak berharap madrasah yang ia pimpin mendapatkan Rahmat Allah dan Syafa’at Rasulullah.

“Semoga dengan kegiatan yang Insyaa Allah berkah dan manfaat ini, Allah berikan ketenangan dan kedamaian kepada warga madrasah, dan yang paling utama Rahmat Allah dan Syafa’at Rasulullah selalu tercurah kepada MTsN 1 Pati,”

Alquran diturunkan sebagai obat dan rahmat bagi orang mukmin, untuk itu dengan kita perbanyak membaca Alquran, semoga kita terhindar dari semua penyakit, terutama penyakit hati, pungkasnya.

Sumber : Kepsek MTS N 1 Pati

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *