Dandim 1613/Sumba Barat Menekankan Kepada Anggotanya Untuk Bijak Menggunakan Medsos

 408 total views

Dandim 1613/Sumba Barat Menekankan Kepada Anggotanya Untuk Bijak Menggunakan Medsos

Read More

SUMBA BARAT,Global Investigasinews.Com
(Mustari)

“Saat ini teknologi internet seolah telah menjadi kebutuhan pokok dari masyarakat karena banyak membantu memudahkan segala urusan. Salah satu yang paling banyak peminatnya adalah media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya. Semuanya itu berfungsi untuk memudahkan kita menjalin interaksi dengan banyak orang sekaligus sebagai tempat untuk berbagi pikiran, informasi, foto ataupun video agar dilihat banyak orang.

Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Irawan Agung Wibowo, ST, M.Tr (Han) menjelaskan disamping berguna secara positif, medsos akan menjadi bumerang dan merugikan bagi pemakai serta orang lain apabila disalahgunakan atau penggunaan medsos yang tidak bijak. Untuk itu saya tak henti hentinya memerintahkan kepada anggota untuk bersikap bijak dan aman dalam penggunaan medsos.Agar bisa menggunakan media sosial dengan aman, ada beberapa tips yaitu :

  1. Berpikir sebelum mengunggah konten, Jangan sampai informasi/gambar/video menghina semua pihak, memfitnah, mempermalukan, menghujat orang lain di media sosial yang nantinya berujung masalah karena akan terjerat UU ITE (Undan-undang Informasi dan Transaksi Elektronik)
  2. Jauhi emosi saat menggunakan medsos karena saat emosi akan berbahaya dan mungkin bernada menjelekkan orang lain tanpa kita sadari.
  3. Gunakan Medsos untuk alat silaturahmi dengan teman, keluarga besar yang jarang ditemui.
  4. Dalam bermedsos hindari menyinggung SARA (suku, agama, ras dan antargolongan). Setiap orang punya latar belakang budaya berbeda, hormati itu dan jangan pernah menghina ataupun merendahkan.
  5. Jangan mudah membagikan informasi yang bersifat pribadi di media sosial. Karena setiap orang punya privasi masing masing.
  6. Kita harus mengenali teman kita saat bermedsos karena tidak semua orang baik atau ternyata tanpa kita sadari teman kita seorang teroris atau anggota kelompok radikal. Sehingga akan menjerumuskan kita dan keluarga.

Lebih lanjut Letkol Czi Irawan Agung Wibowo, ST, M.Tr (Han) menjelaskan Banyak kasus orang menjadi korban kriminal yang dilakukan oleh ‘teman’ yang baru dikenalnya lewat media sosial. Manfaatkan teknologi untuk mempermudah segala urusan hidup, tapi tetap hati-hati,tegas Dandim

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *