PENGOLAHAN LAHAN PENANAMAN PORANG OLEH KORAMIL 1613-01/LOLI BERSAMA MASYARAKAT

  • Whatsapp

 130 total views,  1 views today

Global Investigasi News.com – Sumba Barat,
Program unggulan yang sedang digalakkan saat ini oleh Babinsa Koramil 1613-01/Loli jajaran Kodim 1613/Sumba Barat ditindak lanjuti dengan pembukaan lahan baru bersama masyarakat yang berada di Desa Sobarade Kecamatan Kota Waikabubak Kabupaten Sumba Barat dengan melaksanakan pembukaan, pembersihan dan pengolahan lahan seluas 1 Ha yang nantinya akan ditanami Porang. Jumat. (23/01/2020)

Read More

Para Babinsa yang bertugas dan berdinas di Koramil 1613-01/Loli bahu membahu bersama warga masyarakat yang ikut serta membantu pengolahan lahan untuk penanaman Porang yg merupakan salah satu program unggulan Kodim 1613/Sumba Barat.

Danramil 1613-01/Loli Kapten Inf Suyono yang turut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan “Kegiatan itu dilaksanakan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat dalam segi ekonomi, sehingga masyarakat nantinya akan terbiasa berpikir kritis guna memanfaatkan lahan yang kosong dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Menurut dia, untuk membuka lahan tidaklah mudah karena lahan tersebut sudah ditumbuhi rerumputan yang lebat dan tebal. Rumput itu harus dibersihkan lebih dulu baru mengolah lahan tersebut. “Dengan pembukaan lahan baru ini dan nantinya akan bisa memberikan contoh kepada warga lainnya bahwa tidak ada yang tidak bisa, selama kita mau bekerja dan berusaha,” ujar Danramil.

Setelah pembersihan serta pembukaan lahan maka dilanjutkan dengan pengolahan tanah menggunakan hand traktor guna mempercepat pekerjaan mengolah tanah yang telah dibersihkan tersebut.

Dalam teknisnya anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1613-01/Loli turun langsung dari mulai penyiapan lahan, penanaman bibit, sampai dengan merawat hingga masa panen tiba dan hasil di bagi dengan masyarakat.

Sementara itu, tanggapan beberapa petani yang berada di dalam kegiatan tersebut bahwa kegiatan pembukaan lahan pertanian yang bekerja sama dengan Babinsa diharapkan dapat terus berlanjut dan para babinsa dapat memberikan bimbingan serta arahan dalam penanaman Porang sehingga bisa menghasilkan dan tumbuh dengan baik,katanya

Mus-Global

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *