Dandim 0117/Aceh Tamiang Mengapresiasi Petani Budidaya Talas Beneng Binaan kodim 0117/Aceh Tamiang

 296 total views

Aceh-Aceh Tamiang- Global investigasi news co.id- Komandan Kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita melaksanakan Panen perdana Talas Beneng kelompok Tani Binaan Kodim 0117/Aceh Tamiang bertempat di Desa Padang Langgis, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang. Jumat (24/09/2021).

Read More

Komandan Kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita mengapresiasi inovasi Talas Beneng tersebut. Dirinya berharap, hal itu menjadi langkah awal untuk kesejahteraan dan bertambah penghasilan para petani khususnya di Kabupaten Aceh Tamiang dan di Provinsi Aceh.

“Terus terang, dulu kita tidak tahu manfaat Talas Beneng, sehingga dilempar-lempar saja. Sekarang sudah jadi komoditi luar biasa,” ujarnya.

Bukan tanpa alasan, Talas Beneng kata Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita mulai dari umbi bisa dijadikan bahan baku industri pangan yang berbasis karbohidrat, menjadi olahan seperti tepung, keripik, es krim, kue kosmetik dan lainnya. Kemudian daun menjadi sumber bahan baku rokok, bisa dijadikan tembakau rokok herbal tanpa nikotin. “Ini sudah luar biasa, ini juga merupakan terobosan bagi Kabupaten Aceh Tamiang dan daerah lainnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita mengungkapkan, panen perdana daun Talas Beneng berusia empat bulan dengan luas lahan 1/2 hektar. Dengan harga daun basah 1.000 rupiah perkilo dan daun kering dengan harga 15.000 rupiah dan harga umbi basah 1.000 rupiah dan harga umbi kering dengan harga 7.000 rupiah dan penjualannya diambil langsung PT. Andalan jaya yang berada di kota lintang Kecamatan Kota Kuala simpang Kabupaten Aceh tamiang. Dan kita ketahui bersama Budi daya Talas Beneng ini pertama kali di propinsi Aceh dan satu – satunya di Kabupaten Aceh Tamiang,” terang Dandim

Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita menambakan, Bahwa Kita dari TNI akan terus berupaya melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk meningkatkan pendapatan para petani dengan mengajak mereka berkreasi dan berinovasi mengembangkan pertaniannya,” pungkasnya.

Ketua Kelompok Tani Talas Beneng Ibnu sina, berterimakasih kepada Kodim 0117/Aceh Tamiang khususnya kepada Batuud Koramil 01/Kuala Simpang Pelda Sarbaini yang selalu mendampingi kelompok Tani mulai dari pengolahan lahan, masa tanam sampai dengan panen,” ungkapnya.

Tampak hadir pada acara tersebut diantaranya Dandim 0117/Atam Letkol Pnb Yusuf Adi Puruhita, Pasiintel Kodim 0117/atam Kapten Nunu Rukmana, Danramil 03 / srwy Kapten Inf. Sri indrajo, Pasiter Kodim 0117/ atam Lettu Inf. Faisal Hadi, Danunit intel Kodim 0117/ atam Letda Inf Lusmin, Kapolsek seruway di Wakili Kanit Provost Ipda Harahap, Kepala Dinas pertanian Kab. Atam M.Yunu, Camat seruway, Babinsa Ramil 03 / seruway Serda Jefri, Babinkamtimas polsek seruway Bripka M. Yusuf, Ketua kelompok Tani talas beneng Ibnu Sina, Datok penghulu padang Langgis Ridwan, Imam Desa Padang Langgis Abduh sani dan Anggota petani talas beneng.(E/RE)(KOP-BWI).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *