Cegah Wabah PMK Pada Hewan, BKTM & Babinsa Dampingi Vaksinasi di 4 Kecamatan

 149 total views

Globalinvestigasinews. com.Dompu.NTB.

Read More

Untuk mencegah penyebaran wabah penyakit kuku dan mulut (PMK) di Kabupaten Dompu, Senin ( 05/11/2022 ) sekitar Pukul 09.00 wita bertempat di Kecamatan Dompu, Kecamatan Woja, Kecamatan Huu dan Kecamatan Pekat telah dilaksanakan kegiatan vaksinasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) tahap tiga oleh Tim dokter kesehatan hewan dari UPTD Dinas Peternakan yang ada di 4(empat) Kecamatan.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala UPTD Peternakan Kecematan, Tim vaksinasi UPTD peternakan Kecematan, Tim Monitoring dari UPTD Kabupaten Dompu, serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa di tiap Kecamatan.

Kapolres Dompu melalui kasi Humas IPDA Achmad Marzuki mengatakan, Sebelum dilakukan vaksinasi PMK pada ternak, pihak UPTD Dinas Peternakan Kecamatan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan terhada kesehatan ternak yang akan di vaksin.

“Hal itu dilakukan guna mengetahui kesehatan ternak apakah dalam keadaan sehat atau sakit sebelum di lakukan suntikan vaksin PMK”.

Adapun jumlah ternak yang di Vaksin dan jumlah dosis yang diberikan ditiap – tiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Dompu adalah, untuk Kecamatan Dompu Jumlah ternak jenis sapi yang diberi Vaksin PMK berjumlah 40 ekor, sedangkan jumlah dosis yang digunakan berjumlah 40 Dosis, Kecamatan Woja jumlah ternak jenis sapi yang diberi Vaksin PMK berjumlah 310 ekor, dan jumlah dosis yang digunakan berjumlah 310 Dosis, jelas Kasi humas Polres Dompu.

Selanjutnya untuk Kecamatan Hu’u ternak sapi yang diberi Vaksin PMK berjumlah 154 ekor sedangkan jumlah dosis yang dipakai sebanyak 154 Dosis, dan Kecamatan Pekat ternak sapi yang diberi Vaksin PMK berjumlah 212 ekor, dengan dosis yang digunakan sebanyak 212 Dosis, beber kasi humas pada awak media tadi pagi di ruang kerjanya.

Sedangkan untuk peningkatan capaian vaksinasi PMK kata Kepala UPTD Peternakan, diperlukan langkah-langkah lainnya, yaitu meningkatkan kesadaran peternak melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi, guna meningkatkan kuantitas dan kualitas SDM atau vaksinator, tandasnya.

Kemudian kegiatan vaksinasi PMK di empat Kecamatan tersebut berjalan aman, lancar dan kondusif, semoga kesehatan hewan ternak di empat Kecamatan tersebut bebas dari virus PMK dan penyakit lainya, pungkas Kasi humas Polres Dompu. Jurnalis, Rdw/ddo.

“Kami juga menurunkan tim Satgas Kecamatan untuk monitoring vaksinasi PMK pada wilayah dengan target cukup besar seperti Kecamatan Dompu dan Woja,” ujarnya.

Selain itu, Babin dan Bhabinkamtibmas serta Dinas terkait melakukan sosialisasi dan langkah – langkah penangganan PMK agar tidak menimbulkan keresahan kepada para perternak yang dapat menganggu situasi Kamtikmas Kabupaten Dompu yang selama ini sudah kondusif.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *