Assisten Ekonomi Menghadiri Pembukaan Pelatihan Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Mitra Kepariwisataan

  • Whatsapp

 43 total views,  1 views today

Aceh- Aceh Tamiang – Global investigasi news co.id Sebagai upaya mengembangkan kekayaan alam Bumi Muda Sedia, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tamiang menggelar Pelatihan Peningkatan Peran serta Masyarakat dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata. Kegiatan pelatihan dibuka oleh Bupati Aceh Tamiang yang diwakilkan Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Abdullah, di Aula Bappeda pada Rabu, (22/09/2021).

Read More

Mengusung tema “Meningkatkan peran masyarakat lokal dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata”, pelatihan bertujuan mewujudkan sumber daya manusia pariwisata yang profesional guna mempromosikan pariwisata Aceh Tamiang yang handal.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Disparpora Aceh Tamiang, Muslizar dalam pelaporannya selalu ketua pelaksana kegiatan.

“Untuk mengembangkan potensi alam pariwisata Tamiang yang beragam ini, butuh kerjasama,” sebutnya.

Dijelaskan, peserta kegiatan terdiri dari sejumlah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada.

“Kami mengundang 12 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan 8 Komunitas untuk menjadi mitra yang handal dalam pengembangan wisata tersebut”, ujar Kadisparpora lagi.

Sementara, Abdullah membacakan sambutan Bupati mengatakan, sangat mendukung penuh pelatihan ini. Sebab, terangnya, ia mengharap pelatihan bisa memicu peningkatan kapasitas dan kualitas para penggerak dan pencinta wisata di Kabupaten Aceh Tamiang.

“Sektor pariwisata salah satu prioritas yang memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian di daerah. Sektor pariwisata juga mampu menciptakan kesempatan/lapangan kerja bagi masyarakat. Manfaatkan dan kembangkan potensi alam yang sudah kita miliki”, jelas Abdullah.

Di kesempatan itu juga, Ia mengumumkan bahwa Daerah unggulan yang berada di pesisir Kabupaten Aceh Tamiang salah satunya adalah Ujung Tamiang pada tahun 2021 ini, masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API).

“Nominasi tersebut menjadi bukti, kekayaan aset pariwisata alam Aceh Tamiang dilirik oleh Nasional. Sudah selayaknya kita berbangga dan membenahi sektor pariwisata kita. Terlebih lagi bila jalan tol sudah selesai. ini jelas memudahkan kita menarik para wisatawan luar untuk mengunjungi Kabupaten kita”, tambahnya.

Diharapkan melalui momen ini, OPD terkait dan mitra kepariwisataan kiranya mampu menjadi SDM yang profesional, handal, dan berkualitas dalam mengelola wisata yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang sehingga perencanaan dan pengelolaan pariwisata dapat dilaksanakan dengan baik, terencana dan terstruktur.

Pelatihan ini dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari sejak tanggal 22 – 23 September 2021 dengan menghadirkan Narasumber yang kompeten dalam promosi wisata.

Tampak hadir salam pembukaan pelatihan ini Kepala Bappeda, Rianto Waris, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian, Rafe’i, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, M. Zein dan Ketua Dekranasda Aceh Tamiang, Rita Syntia. (E/RE).

Sumber Humas Setdakab Aceh Tamiang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *