OKI Tumbuhkan Budaya Literasi Sejak Dini

 216 total views

GIN, OKI — Pemerintah Kab. OKI melalui Dinas  Kearsipan dan Perpustakaan perkuat minat literasi sejak dini melalui Lomba Bercerita tingkat Sekolah Dasar se-Kabupaten OKI. Kompetisi yang digelar di Aula Gedung PKK ini bertujuan sebagai wadah untuk mengasah daya imajinasi dan kreatifitas generasi muda, Rabu, (7/04/2021).

Read More

Kepala Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan Kab OKI, Dr. M.Iqbal, M.Pd mengatakan Lomba Bercerita ini sebagai upaya untuk membudayakan gemar membaca kepada generasi muda, khususnya kemampuan anak dalam mengeksplorasi berbagai cerita rakyat yang berlatar budaya daerah.

 
Baca Juga =  Ajak Tokoh Agama Ciptakan Situasi Kondusif,Binmas Polres Mesuji Sambang Dan Silaturahmi Dengan Ketua MUI Mesuji
“Kita ketahui bersama, membaca dapat menambah wawasan, dalam berbagai penelitian disampaikan bahwa membaca dapat melatih fungsi otak, menjernihkan pikiran, dan memperkuat daya ingat,” jelas Iqbal.

Hj. Muhiriah Herry, S.Pd, M.Si, Wakil Ketua III TP PKK Kab. OKI  mengatakan bercerita merupakan media komunikasi yang menjadi tradisi dari generasi ke generasi.

“Budaya bercerita atau bertutur ini merupakan budaya bangsa kita dari generasi ke generasi yang mesti kita lestarikan,” ungkap Muhiriah.

Baca Juga =  Bupati Hi. Budi Utomo Hadiri Pelantikan Pengurus BPC HIPMI Lampura

 
Kompetisi ini menurutnya, jadi salah satu cara efektif untuk pembiasaan gemar membaca dan bercerita sejak dini, mengeksplorasi potensi anak di bidang seni bercerita serta
terwujudnya pelajar yang mencintai cerita rakyat dan budaya di Bumi Bende Seguguk.

Lomba bercerita merupakan agenda tahunan Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan dan untuk tahun 2021 ini diikuti 20 peserta perwakilan dari masing-masing kecamatan. Pemenang dari lomba bercerita hari ini akan mewakili Kabupaten OKI untuk lomba bercerita di tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Baca Juga =  Hari Kesadaran Nasional, Pemkab Lampura Bersama Unsur TNI-Polri Lakukan Upacara
 

Sumber kominfo

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *